1. Home
  2. Perawatan Wajah
  3. Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak

Siapa sih yang mau memiliki kulit wajah berminyak? Pastinya tidak akan ada yang mau karena akan mengganggu penampilan dan kepercayaan diri, bukan?

Kulit wajah memang menjadi bagian yang sensitif karena strukturnya yang berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Oleh karena itu dibutuhkan perwatan khusus yang bisa menghindarkan wajah dari masalah tersebut.

Apakah wajah anda termasuk dalam kategori kulit berminyak?

Jika belum tahu, yuk kita simak bersama bagaimana ciri-ciri dari kulit wajah berminyak dan mengetahui cara untuk mengatasinya. Tentunya hal ini bertujuan untuk mendapatkan wajah yang lebih berseri dan lebih cerah tentunya.

Penyebab Wajah Berminyak :

– Perubahan Hormon

Pernah merasakan adanya masalah di wajah ketika hamil atau ketika masa remaja?

Hal itu disebabkan karena perubahan hormon yang ada dalam tubuh mempengaruhi produksi minyak dalam kulit wajah. Perubahan ini menyebabkan minyak diproduksi secara berlebihan.

Akibatnya, wajah terlihat semakin kusam dan lusuh. Bahkan tak jarang karenanya, wajah menjadi penuh dengan bintik hitam dan jerawatan.

Masa pubertas merupakan masa yang paling sering menghadapi situasi ini dimana selain hormon yang mengalami perubahan, keaktifan dalam kegiatan juga semakin banyak.

– Salah Memilih Produk Kecantikan

Wajah berminyak juga seirng disebabkan oleh kesalahan dalam memilih produk kecantikan.

Kesalahan ini umumnya disebabkan kurangnya pengetahuan tentang jenis kulit serta bahan yang cocok digunakan untuk kulit wajahnya sendiri.

– Terlalu sering membersihkan wajah

Membersihkan wajah memang baik akan tetapi jika terlalu sering maka bisa mengikis sel penting pada permukaan kulit. Apalagi jika membersihkannya menggunakan produk kecantikan.

Perlu diingat adanya minyak masih berperan penting pada keindahan dan kelembutan kulit wajah.

– Memakan terlalu banyak makanan berminyak

Asupan makanan juga menjadi faktor yang menyebabkan wajah berminyak lo.

Makanan berminyak menjadi faktor penting yang menyebabkan wajah berminyak. Misalnya makan gorengan yang tak diragukan lagi kadar minyaknya.

– Stress berlebihan

Beban fikiran yang terlalu berat juga menjadi faktor yang menyebabkan wajah cepat berminyak.

Jadi untuk mahasiswa yang menghadapi skripsi, jaga fikirannya ya agar tetap fresh dan wajah tetap berseri. Jika sudah demikian selesaikan masalah anda, maka otomatis wajah akan kembali cerah alami.

– Keturunan / Gen

Apakah anda memiliki keturunan kulit wajah yang sensitif?

Jika iya, maka jangan bingung jika mendapati wajah anda penuh dengan minyak ketika beraktifitas apapun.

Lantas apakah bisa disembuhkan? Tentu saja dengan perawatan maksimal dan pola hidup yang diatur, akan menghindarkan wajah dari kulit yang berminyak.

– Cuaca

Perubahan suhu pada cuaca juga berdampak besar lo untuk kulit wajah.

Perubahan ini umumnya menyebabkan sel yang memproduksi minyak tidak bisa menyeimbangkan pola suhu diluar. Akibatnya wajah mudah erkeringat dan berminyak

– Obat-obatan

Pada orang yang sakit umumnya akan terlihat lesu dan tak bergairah. Ditambah jika ada banyak obat yang harus dikonsumsi.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada sel jaringan kulit wajah. Kadar dalam obat yang diminum membuat produksi minyak tidak stabil dan tidak bisa dikendalikan.

– Terlalu banyak mengkonsumsi kafein

Bagi anda penikmat kopi tentu harus berfikir ulang jika ingin mendapatkan kulit wajah yang berseri dan cerah.

Bukan menyalahkan kafein dalam kopinya. Akan tetapi agar lebih bijak dalam minum kopinya.

Jangan berlebihan karena bisa mengganggu produksi minyak yang ada pada jaringan kulit wajah.

Dampat Kulit Wajah Berminyak Berlebihan

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa kulit berminyak justru memiliki nilai positif bagi wajah. Selain bisa membuat wajah terlihat lebih lembab, juga akan tampak lebih kencang dan awet muda.

Minyak memang penting bagi wajah akan tetapi kalau berlebihan? Tentu saja akan membawa masalah baru.

Berikut ini beberapa dampak dari kulit wajah yang terlalu banyak produksi minyaknya:

  1. Menyebabkan munculnya komedo dan jerawat
  2. Kulit wajah terlihat kusam
  3. Make up tidak bertahan lama
  4. Menyebabkan banyak kotoran menempel

Dampak-dampak tersebut tentunya akan membuat wajah tidak nyaman dan risih bukan. Apalagi jika gangguan tersebut bisa mengganggu penampilan wanita.

Mengatasi Kulit Berminyak

Adapun cara mengatasi kulit berminyak cukup banyak sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan anda.

Jangan khawatir akan efek sampingnya karena bahan yang digunakan juga bahan alami dan sehat. Jadi tidak membahayakan bagi kulit wajah.

Mari kita simak bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak.

a. Masker Putih Telur

Putih telur mengandung vitamin A yang cukup untuk menetralkan kadar minyak yang ada pada permukaan wajah.

Cara menggunakannya juga cukup mudah dengan mengocok putih telur sampai kental dan sedikit padat. Kemudian digunakan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

b. Irisan dan Perasan Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengencangkan jaringan kulit wajah sehingga mampu menekan produksi minyak. Sedangkan zat antiseptiknya bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kult.

Cara menggunakannya juga mudah yakni dengan mengiris tipis lemon kemudian ditekan di wajah. Atau bisa juga dengan menggunakan air perasan lemon yang dioleskan di wajah selama beberapa menit.

c. Yoghurt

Yummy bukan ketika mendengar yoghurt?

Siapa sangka minuman ini juga bisa anda menfaatkan sebagai penghilang minyak wajah.

Kandungan asam laktat lah yang nantinya berfungsi untuk menetralkan kelenjar minyak pada wajah.
Gunakan langsung yoghurt sebagai masker wajah. Jika terlalu encer maka anda bisa campurkan oatmeal didalamnya.

d. Tomat

Tomat juga serin digunakan di pusat kecantikan sebagai pembersih wajah. Hal ini karena tomat memiliki kandungan vitamin A dan C aktif yang mampu memanjakan sel kulit wajah.

Caranya juga tidak sulit dengan meletakkan irisan tomat diatas wajah atau bisa juga dengan menggunakan cacahan tomat untuk masker wajah.

e. Masker Sari Apel dan Cuka Apel

Apel memiliki kandungan asam malat yang mampu mengangkat sel kulit mati serta menyerap minyak berlebih pada wajah. apalagi cuka apel yang memiliki kandungan AHA yang aktif dalam mengatasi masalah pada kulit wajah.

Dengan apel anda bisa gunakan sebagai masker. Sedangkan cuka apel bisa digunakan sebagai toner alami.
Setelah menggunakan keduanya selama 5 menit, anda bisa membasuhnya dengan air bersih.

f. Irisan Mentimun

Mentimun juga sudah anda kenal pastinya sebagai bahan yang bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan alami.

Kandungan kompleks pada mentimun meliputi mineral, vitamin A dan E, magnesium, dan kalium. Semua kandungan tersebut ampuh untuk mengusir masalah pada wajah khususnya yang disebabkan oleh minyak.

Iris mentimun kemudian gosok-gosokkan pada permukaan wajah menyeluruh. Biarkan beberapa saat kemudian basuh menggunakan air hangat.

g. Lidah Buaya

Lidah buaya juga dipercaya mampu memanjakan kulit wajah agar terlihat lebih lembab dan tidak berminyak.

Caranya potong bagian daging lidah buaya kemudian gunakan lendirnya sebagai masker wajah. gunakan sampai mengering kemudian basuh dengan air hangat.

h. Madu

Siapa yang tak kenal dengan bahan alami satu ini. Bahkan banyak disebut sebagai obat segala macam penyakit karena banyaknya manfaat yang diberikan.

Madu juga efektif menutup pori-pori kulit sehingga terlihat lebih kencang. Istimewanya madu juga bisa menekan kelenjar minyak agar bisa memproduksi sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh wajah.

Keuntungan Memiliki Kulit Berminyak Jika Dirawat Dengan Baik

Setelah mengetahui dampak yang disebabkan oleh minyak wajah, ternyata ada manfaatnya juga lo dengan adanya minyak diwajah.

Akan tetapi manfaat ini bisa dirasakan jika minyak yang diproduksi kelenjar kulit wajah tidak berlebihan dan sesuai dengan kadarnya.

Oleh karena itulah kadar minyak pada permukaan kulit sangatlah penting. Karena jika tidak ada, maka kulit wajah akan rawan kering dan membutuhkan perawatan khusus untuk mengatasinya.

  1. Menghambat penuaan dini
  2. Tampak lebih cerah alami
  3. Wajah tampak lebih halus
  4. Menjaga kelembaban wajah
  5. Tidak memerlukan perawatan khusus

Itulah beberapa kelebihan yang bisa dirasakan dengan adanya minyak pada wajah. Jadi masalah minyak pada wajah baru dirasakan ketika kelenjar minyak kulit memproduksi melebihi kadarnya.

Ciri-ciri Kulit Berminyak

Tak sulit untuk mengenali ciri dari kulit berminyak karena sudah jelas dari penampakan luarnya. Meski tidak ada bahaya yang signifikan, tetap saja masalah ini begitu mengganggu penampilan.

Apalagi untuk wanita yang selalu ingin terlihat cantik sempurna, benar kan?

– Kulit Mengkilap

Ciri pertama tentu saja ciri khas dari minyak ya. Yaitu mengkilap jika terkena cahaya.

Sebagaimana penggorengan yang dibalur minyak tentunya akan terlihat seperti air yang kental menyelimuti permukaan penggorengan. Demikian pula pada wajah yang berminyak.

Padahal tidak ada gangguan apapun, tiba-tiba kondisi kulit wajah terlihat mengkilap. Apalagi ketika disentuh, seperti ada pelicin di permukaan wajah.

– Cepat Lusuh

Bisa dibayangkan jika kulit anda basah, kemudian memegang debu atau pasir tentuya kedua materi tersebut akan dengan mudah menempel pada kulit bukan. Padahal itu masih air.

Bagaiman dengan minyak?

Tentu saja dengan kandungan partikel lebih padat membuat materi yang bersinggungan langsung dengan wajah akan menempel lebih erat daripada air. Oleh karena itulah pada kulit berminyak, wajah akan dengan mudah terlihat lusuh dan kotor.

Apalagi jika sedang berkendara di jalanan dengan polusi udara yang berhamburan, maka kotoran debu bisa dengan mudah menempel di permukaan wajah.

– Terlihat Banyak Minyak di Permukaan Wajah

Terakhir kulit wajah anda terlihat lebih tebal dibandingkan dengan kulit yang lain. Bawaannya ingin membasuh muka melulu karena adanya rasa tidak nyaman.

Cara mengetahuinya tentu dengan mengelap bagian wajah dengan tisu atau tisu basah. Dari sanalah akan diketahui adanya minyak yang tak seharusnya hadir di permukaan wajah.

Jadi jika kulit anda sudah terdeteksi ciri-ciri diatas maka kemungkinan besar kulit anda bermasalah dengan kulit berminyak.

Namun tenang saja, masalah ini bisa dengan mudah diatasi jika anda mengetahui penyebab dari kulit berminyak tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya maka akan mudah menemukan solusi untuk menghilangkannya.

Yang paling penting jangan mudah untuk percaya dengan kosmetik yang belum jelas bahan-bahannya. Karena bukan kulit wajah yang bersih didapatkan melainkan kulit wajah yang tak sesuai harapan.

Itulah beberapa informasi bagi anda tentang ciri-ciri, penyebab, dan cara mengatasi masalah wajah berminyak. Semoga bermanfaat ya.