1. Home
  2. Perawatan Wajah
  3. Kerutan Wajah: Diagnosa Dan Cara Mengatasinya

Kerutan Wajah: Diagnosa Dan Cara Mengatasinya

Memasuki usia kepala 4, saya mulai resah dengan penampilan fisik, utamanya area wajah saya.

Satu ketika saya memegang cermin, hendak memakai bedak dan akan berangkat ke kantor. Saya kaget bukan main, “Apa yang terjadi dengan wajah saya?”. Di sudut mata tampak kerutan, di atas bibir nampak kerutan, dan bebarapa goresan halus di pipi.

Memang, selama ini saya tidak begitu pay attention dengan penampilan, termasuk wajah (karena begitu sibuknya).

Hingga akhirnya, saya berada di satu momen di mana saya merasa momen tersebut terhenti, shock. Hanya ada satu ungkapan yang saya batin dalam hati, yaitu “Ya, aku sudah tua sekarang”.

Bicara tua rasanya gimana gitu (Honestly, saya jadi kebayang yang aneh-aneh. Hehe). Saya yakin Anda sama seperti saya yang mulai khawatir dengan tanda-tanda penuaan seperti yang saya alami.

Akhirnya, saya pun mulai kepo, saya browsing dan mulai mencari referensi seputar kerutan di wajah.

Definisi keriput atau kerutan tampaknya bisa kita artikan dari apa yang kita saksikan, yaitu lipatan atau kerutan yan terdapat pada kulit. Biasanya, kerutan tersebut muncul pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari langsung, seperti wajah, leher, bahu, dan tangan. Nah, sepertinya harus ekstra nih proteksinya agar bebas kerutan.

Lalu, apa ya yang bikin kerutan itu muncul?

Hasil browsing saya, kerutan muncul karena tiga penyebab utama, yang paling utama dan tidak bisa ditafikkan adalah karena faktor usia. Nah, saya yang saat ini kepala 4, harus sadar diri bahwa saya sudah tua sekarang. Kerutan memang identik dengan penuaan.

Apa hanya itu saja penyebabnya?

Oh No!.

Berikut penyebab kerutan yang saya baca dari sumber terpercaya.

Penyebab Kerutan di Wajah

1. Usia

Saat pelukis menggambar dua obyek, anak-anak dan orang tua, apa bedanya? Mereka akan membubuhkan garis-garis kentara pada wajah obyek yang sudah tua. Memang, kerutan identik dengan faktor usia. Kerutan muncul sebagai efek dari menurunnya kadar elastisitas pada wajah.

2. Paparan Sinar Matahari dan Ultraviolet

Rajin memakai masker dan sarung tangan saat keluar naik sepeda, bukan berarti rempong ya. Tetapi, ini adalah bentuk proteksi, bentuk perlindungan dimana sinar matahari dan ultraviolet yang menyengat seperti sekarang ini berpotensi merusak jaringan ikat di bawah kulit. Rusaknya jaringan ikat berarti memunculkan kerutan di permukaan kulit.

3. Faktor Keturunan

Faktor keturunan adalah gift. Saya dan kita semua tidak bisa menghindari apa yang diwariskan dari orang tua, termasuk kerutan di wajah. Ada beberapa dari kita yang meski secara usia masih muda, ternyata tampak beberapa tahun lebih tua. Alasannya tidak lain karena faktor keturunan.

4. Merokok

Apa manfaat merokok? Tidak ada!.

Merokok menjadikan kantong kering, terserang penyakit ringan maupun berbahaya, dan yang tidak kalah penting adalah menyebabkan keriput di wajah. Alasannya, merokok dapat menghambat kelancaran aliran darah.

5. Penurunan Berat Badan Ekstrim

Tubuh yang semula gemuk mendadak kurus karena faktor diet memang bagus. Akan tetapi, kulit yang sebelumnya luas permukaannya kemudian mendadak menyempit akan menimbulkan kerutan. Tubuh yang kaya lemak faktanya minim kerutan. Coba kita amati mereka yang tubuhnya gemuk, kencang sekali kan ya kulitnya.

6. Tubuh Kurang Cairan

Sepertinya kurang cairan menjadi penyebab datangnya beragam penyakit mulai dari yang ringan hingga yang paling berbahaya.

Kaitannya dengan kerutan di wajah, tubuh yang rutin konsumsi cairan setidaknya 8 sampai 10 gelas setiap harinya memiliki kulit yang halus dan kencang.

7. Tipe Kulit Kering

Sehubungan dengan kurangnya cairan tubuh, tubuh kurang cairan identik dengan kulit kering. Dibandingkan dengan kulit yang lembab, tipe kulit tubuh kering cenderung kusam dan mudah keriput apalagi jika ditambah dengan minimnya cairan tubuh. Saat disentuh, kulit terasa kasar dan bahkan bersisik.

8. Kebanyakan Begadang

Begadang sembari minum secangkir kopi dan ngobrol sana-sini tampaknya nikmat. Akan tetapi, begadang rupanya berdampak pada keriput di wajah lho.

Kenapa?

Karena mereka yang gemar begadang jarang tidur malam. Padahal, tidur malam adalah saat dimana tubuh melakukan perbaikan sel tubunya.

Mencegah begadang berarti mencegah penuaan dini. Saat tidur, tubuh meregenerasi kolagen yang telah mati yang bagus untuk menjaga kulit agar tetap kencang, segar, dan jauh dari penuaan dini.

9. Stres

Sebisa mungkin, coba hindari stres, baik karena padatnya pekerjaan di kantor, karena banyaknya masalah di rumah, atau karena hubungan yang kurang baik dengan teman. Ada banyak penyebab stres. Stres adalah tekanan psikologis yang berpengaruh pada kebugaran tubuh, termasuk mempercepat timbulnya kerutan di wajah.

10. Kurang Olaharaga

Olahraga teratur, makan makanan sehat, dan kelola stres adalah kunci hidup sehat. Olahraga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga otot tubuh tetap kencang dan terhindar dari efek penuaan dini yang muncul dalam bentuk kerutan di wajah. Olahraga tidak perlu ekstrim, dan tidak harus ke gym, lakukan olahraga sederhana dengan banyak berjalan kaki, berlari, berenang, dst.

11. Produk Kosmetik yang Tidak Cocok

Ada banyak produk kecantikan yang beredar di pasaran, mulai dari yang paling murah dan berbahaya hingga yang paling mahal dan berkualitas. Jangan asal pilih, salah dalam memilih produk kecantikan berarti Anda membahayakan diri sendiri.

Salah satu efek dari produk kecantikan yang salah adalah kerutan di wajah. Biasanya, produk yang rendah kualitasnya adalah produk yang kaya merkuri dan banyak mengandung bahan kimia. Sayangi kulit wajah Anda dengan memilih produk kecantikan yang tepat.

Mengatasi Kerutan Wajah

Setelah tau penyebabnya, mari kita cari solusi mengatasi kerutan membandel di wajah. Berikut tips mudah dan praktis yang bisa Anda coba saat ini juga dengan bahan alami terpercaya.

1. Susu Bubuk

Bahan dasar perawatan kerutan di wajah yang pertama adalah susu bubuk. Siapkan dua sendok madu murni, tambahkan 4 sendok susu bubuk, dan dua sendok air hangat. Aduk sampai rata. Setelah itu, oleskan di wajah dan biarkan selama 10 menit lamanya. Cuci sampai bersih.

Kenapa memilih madu? Karena madu memberikan efek lembab dan kilau alami, sedangkan susu bubuk penting peranannya untuk mengatasi keriput dan menjaga agar kulit wajah tetap halus.

2. Nanas

Anda hobby makan buah nanas? Rasanya yang segar adalah indikasi bahwa nanas kaya akan vitamin C yang bagus bagi tubuh. Kupas nanas, cuci sampai bersih, lalu potong menjadi beberapa bagian. Hancurkan dan oleskan merata di wajah dan tunggu hingga 10 menit lamanya.

Atau, Anda bisa buat jus nanas lalu oleskan pada seluruh wajah dan tunggu hingga kering. Lalu bilas. Pemakaian secara rutin membuat kulit bebas keriput.

3. Mentimun

Buah yang satu ini erat hubungannya dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Digunakan untuk menurunkan kadar darah tinggi, dan ampuh juga untuk mengatasi keriput di wajah akibat penuaan.

Caranya? Mudah!

Siapkan satu buah mentimun. Kupas lalu cuci sampai bersih. Iris melintang tipis tipis dan tempelkan pada wajah. Pemakaian rutin perlahan menyamarkan garis halus di wajah.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak seribu khasiat. Efektif dalam dunia pengobatan dan kecantikan. Minyak ini direkomendasikan bagi Anda yang mengalami kerutan di wajah. Kaitannya dengan ini, minyak zaitun memberikan kelembaban di wajah, dan agar wajah tampak berkilau.

Tambahkan beberapa tetes lemon agar wajah tampak segar berseri. Caranya, oleskan minyak zaitun di wajah, lalu pijat sampai merata. Lakukan secara rutin.

5. Semangka

Heem, buah ini memang rasanya segar dan kaya mineral. Kali ini, yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat keriput adalah kulitnya. Ambil kulit buah semangka, gosok perlahan di wajah secara merata, dan keringkan. Bilas jika sudah kering. Wajah menjadi lebih segar, bebas keriput, dan lebih muda.

6. Kombinasi Madu dan Lemon

Madu dan lemon adalah dua bahan alami yang sarat manfaat. Kali ini, bisa Anda manfaatkan kombinasi dua bahan alami tersebut untuk mengusir keriput di wajah.

Caranya, ambil madu dan perasan lemon dalam kadar yang sama, campur sampai rata, lalu oleskan pada wajah. Masker ini membantu kulit wajah tampak kencang, berseri, bebas keriput.

7. Tepung Beras

Salah satu perawatan alami yang fenomenal adalah perawatan dengan menggunakan tepung beras. Siapkan tepung beras secukupnya, tambahkan air mawar, dan aduk sampai membentuk pasta. Basahi kulit lalu oleskan pasta kental tersebut sampai mongering. Manfaat dari pasta ini adalah untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan kerutan.

8. Papaya

Masih dari kelas buah-buahan, Anda bisa menggunakan buah papaya sebagai jurus ampuh mengobati kerutan di wajah. Hancurkan beberapa potong papaya yang telah dicuci bersih, lalu campur dengan madu alami. Oleskan pada leher dan wajah sampai mongering, lalu bilas. Fungsinya? Wajah cantik alami berkilau, segar, dan kencang.

9. Putih Telur

Bagian tubuh hewan yang ampuh atasi keriput adalah putih telur. Siapkan pula gliserin sebanyak dua sendok makan dan air mawar. Masukkan kedua bahan tersebut dalam putih telur lalu aduk sampai merata.

Oleskan hingga kering, lalu bilas dengan air. Manfaatnya adalah mengencangkan kulit, menghilangkan keriput dan membantu meregenerasi sel kulit mati.

10. Jahe

Anda hanya perlu seruas jahe untuk atasi keriput. Potong jahe, kupas sampai bersih lalu tambahkan satu sendok madu. Buatlah minuman jahe di pagi hari untuk pertahanan melawan kerutan di wajah.

Mencegah Kerutan di Wajah

1. Pakai Pelembab

Yuk, rajin pakai pelembab sebelum tidur. Pelembab membantu memberikan cairan di wajah agar kulit tidak kering dan rentan berkerut. Pilih pelembab alami yang aman, dan manjur.

2. Pakai obat dokter

Saya yakin, Anda lebih mantap jika konsultasi langsung dengan ahlinya. Konsultasikan masalah Anda kepada pakar kecantikan. Biasanya, untuk mengatasi kerutan ada krim khusus dengan kandungan tretinoin atau tazarotene yang cukup untuk atasi kerutan.

3. Tabir Surya

Yup, jika saat ini Anda memilih perawatan dokter, jangan lupa kenakan tabir surya. Faktanya, sinar matahari berpengaruh besar pada proses penuaan dini. Gunakan tabir surya untuk menangkis sinar UV, mencegah penuaan dini, dan membiarkan krim dokter bekerja dengan lebih efektif lagi.

Bagi saya, kerutan di wajah adalah masalah serius karena performa fisik menjadi kurang maksimal.

Apakah saya minder saat berkumpul dengan yang lain?

Tentu!.

Dengan informasi yang saya dapat, dan dengan cara mengatasi kerutan alami yang mudah dan ekonomis yang saya praktikkan, perlahan kerutan saya menghilang, dan saya pun lebih percaya diri saat melakukan interaksi sosial.

Selamat mencoba.